KABUPATEN TAPANULI SELATAN ASSESMENT DALAM RANGKA PROGRAM GERAKAN MENUJU KOTA CERDAS (SMART CITY) YA

img

Program gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing Kota/Kabupaten. Sebuah Kabupaten/kota dapat dikatakan sebagi Smart City  jika didalamnya lengkap dengan infrastruktur dasar, juga memiliki sistem transportasi yang lebih efisisen dan ter integrasi, sehingga meningkatkan mobilitas masyarakat. Konsep tersebut juga menciptakan kualitas hidup masyarakat yang terus meningkat, rumah dan bangunan yang hemat energy, bangunan ramah lingkungan, dan menggunakan sumber energi terbaru.

Tujuan dari Kota Pintar (Smart City) ini adalah mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin,  menarik investor agar berinvestasi dikota tersebut, kemudian menarik penghuni baru dari kalangan profesional, akademisi, dan usahawan agar kota tersebut memiliki tolak ukur yang kuat. (sumber: https://kominfo.go.id/content/detail/11656/langkah-menuju-100-smart-city/0/sorotan_media )

Acara ini berlangsung pada tanggal 1-5 November 2021 dan dilakukan secara daring. Program ini diikuti oleh delapan puluh delapan (88) Kota/Kabupaten, dan yang terpilih (masuk kategori) sebanyak lima puluh (50) Kota/Kabupaten. Dari kelima puluh Kota/Kabupaten yang terpilih, terdapat tiga Kota/Kabupaten yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara yang salah satunya adalah Kabupaten Tapanuli Selatan yang ikut mencapai predikat tersebut.

Pencapian yang diraih oleh Kabupaten Tapanuli Selatan ini tidak luput dari usaha yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang telah kita saksikan keberadaannya, seperti pembangunan infrastruktur besar-besaran yang sampai saat ini masih berlangsung.



Bagikan Berita :