Bertempat di Rumah Dinas Kantor Bupati Lama jl. Kenanga Padangsidimpuan, Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu SPt. MM berbuka puasa bersama anak-anak CPMI Korea Asal Kabupaten Tapanuli Selatan, Jum'at (5/04/2024).

Para peserta CPMI Korea asal Kabupaten Tapanuli Selatan tersebut berjumlah 20 orang yang kesemuanya lulus ujian nasional Bahasa Korea yang di selenggarakan oleh HRD Korea dan BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia).

Ke- 20 peserta ujian tersebut adalah putera/puteri Kabupaten Tapanuli Selatan yang sudah dididik dan dibina oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapanuli selatan selama 6 bulan pendidikan dasar dan 2 bulan pemantapan bahasa.

Dalam arahan dan bimbingannnya saat bukber tersebut, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas prestasi putera/puteri Tapanuli Selatan yang sudah membawa nama harum Kabupaten Tapanuli Selatan.


Devi Hariani salah satu Calon peserta Migran mengatakan bahwa yang mengikuti ujian sebanyak 8000 lebih yang diambil 6000 an orang. Sedangkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan yang mengikuti ujian 20 orang, alhamdulillah lulus semua "tuturnya dihadapan orang nomor satu di Tapsel tersebut.

Demikian halnya rekan Devi Hariani yakni Muhammad Iqbal Siregar menuturkan pengalaman ujian yang sangat mendebarkan karena yang diujikan terkait bahasa korea mengenai kata benda, kata kerja dan persamaan kata.

"Alhamdulillah berkat dukungan dari Pemkab Tapsel melalui Bapak Bupati kami bisa mengikuti program g to g BP2MI ini. Kalau untuk dana sendiri mungkin orang tua kami tidak sanggup dengan biaya-biayanya”. "ujar keduanya kompak.

Selanjutnya Bupati Dolly berpesan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan mental dalam menguasai bahan maupun materi dan sukses dalam tahapan wawancara hingga keberangkatan nantinya yang kedepan akan membawa harapan baru bagi keluarga" harap Dolly.

Saya do'a kan mereka lulus, bekerja di Korea ditempat, lingkungan dan gaji yang baik sehingga mereka bisa mengangkat derajat keluarga dan masyarakat sekelilingnya di Tapsel, dan juga bisa menjadi motivasi bagi anak-anak lainnya di Tapsel.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Ahmad Raja Nasution mengatakan, putera/puteri Kabupaten Tapanuli Selatan yang kami didik itu sebanyak 50 peserta dan 30 peserta yang mengikuti ujian nasional yang di antara nya 20 orang adalah peserta ikut ujian sector fishing , 6 orang peserta mengikuti ujian sektor manufaktur dan 4 orang peserta mengikuti ujian sektor perhotelan dan restoran.” Untuk sektor manufaktur dan perhotelan ujian nasional di selenggarakan mulai 18 April sampai dengan 30 mei 2024 di Jakarta "katanya.

Kami sangat berterimakasih Kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu atas dukungan terhadap anak-anak kami yang sangat banyak membantu dan memberikan kesempatan untuk mendapatkan peluang kerja ke Korea Selatan melalui program G to G “ tutupnya.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan

Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan
Jl. Prof. Lafran Pane Sipirok, Kode Pos = 22746

© 2023 Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tapanuli Selatan